- Back to Home »
- Awal mula facebook
Selasa, 16 Juli 2013
Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University)
membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya.
Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs
buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto
pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan
dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah,
untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya
dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling
‘door-to-door’ untuk meminta foto.
Saking
nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk
mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus
dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan
tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari
kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas
tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan
pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya,
namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi
alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan
“Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs
serupa”.
2004
Tidak kapok, pada
semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg
membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat
URL:..http://www.thefacebook.com.. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg
berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat
media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu
bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa
mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.
Saat
pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan
kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan
para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa
Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut
bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin
(analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum
(desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan
maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di
kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford,
Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah
tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada.
Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas
ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam
D’Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari
salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan
Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join
venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook
secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD
200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi
sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada
tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke
kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di
Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa
menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal
tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan
dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2
miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook
mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter
Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei
tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di
pertengahan tahun, gilliran Israel
dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status
registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
2007
Bulan
September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham
Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga
tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan
mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain
seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk
berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah
menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang
miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
2008
Pada Agustus 2008, majalah Business Week
melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook
sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar
sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna
Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur
berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara.
Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya.
Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling
melihat isi profil pribadi.
Situs
Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang
padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di
dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu
dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau
lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa
diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini
bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft
adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner.
Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang
termuat dalam jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset
internet marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak
yang dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.
Dalam
hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan
Friendster. Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan
Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan
fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks
saja sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook
memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di
antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna
mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling
mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan
‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007,
Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran
(tautan, aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya
yang diizinkan hanya teks saja.
Seiring
perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam
situsnya. Pada September 2006, Facebook mengumumkan peluncuran News
Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan informasi dari
masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa
dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa
pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini
pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News
Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.
Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal,
Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008,
Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’,
tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara
langsung dan real time.
Fitur
‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur
untuk saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1
dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook
memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk beriklan
secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur
serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli
2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori
(dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009,
Facebook merapikan tampilan “Home/Beranda”.
Platform
Pada
24 Mei 2007, Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah
sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang
bisa digunakan di Facebook. Langkah ini segera disambut oleh para
pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000
aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.
Sekarang jumlah pegawainya
sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan
unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24
tahun-37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa.
Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja
sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar,
bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan
seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana
pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka di kantor.
Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal.
Meski sudah mampu menghimpun harta kekayaan hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun Zuckerberg tetap tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari pakaian santai.
Meski sudah mampu menghimpun harta kekayaan hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun Zuckerberg tetap tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari pakaian santai.