- Back to Home »
- Awal mula sejarah motor
Rabu, 14 Agustus 2013
Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling populer pada saat ini khususnya di Indonesia. Kita bisa lihat di setiap jalan raya banyak sekali sepeda motor yang melintas. Untuk mengetahui bagaimana sejarahnya sepeda motor akan kita bahas di awalmulasejarah
Ada
tiga orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor yaitu, Ernest
Michaux ( Perancis), Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler
(Jerman). Sepeda motor pertama kali dirancang pada tahun 1868 oleh
Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada waktu itu,tenaga penggerak
yang direncanakannya adalah mesin uap namun proyek ini tidak berhasil.
Kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakannya dengan
membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakan dengan
menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.
Pada
tahun 1885 seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler dan mitranya,
Wilhelm Maybach menjadi perakit motor pertama kali di dunia. Daimler
memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu.
Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan
dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian sepeda kayu
bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car).
Pada
waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak. Sampai
pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat
memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh Werner
Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum
dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen,
Jerman pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan
langsung oleh kruk as (crankshaft).
Pada
tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya
ke kota New York. Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat,
EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang
didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang
pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).
Pada
tahun yang sama, Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris
memutuskan untuk membuat sepeda motor. Empat tahun sesudahnya, 1902,
perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama namun masih
menggunakan mesin dari Belgia. Kemudian pada tahun 1905, Triumph
memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri.
Tahun
1903, William S Harley dan sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi
sepeda motor di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan sepeda motor
itu Harley Davidson. Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lain, Indian
Motorcycle Manufacturing Company, yang berlokasi di Springfield,
Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single.
Kemudian
sampai Perang Dunia I (1914-1918), perusahaan ini menjadi pabrik sepeda
motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Indian Motorcycle
Manufacturing Company tutup pada tahun 1953 dan merek Indian diambil
alih oleh Royal Enfield.
Setelah
Perang Dunia I sampai tahun 1928, perusahaan yang memproduksi sepeda
motor terbesar di dunia adalah Harley Davidson. Pada tahun 1921, sepeda
motor BMW hadir dengan roda belakang yang digerakkan menggunakan koppel
(shaft drive). Pada tahun 1930-an ada sekitar 80 merek sepeda motor di
Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya yang
tidak begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan
Whitwood.
Perkembangan
sepeda motor di Eropa, juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), di
mana sepeda motor dibuat untuk keperluan militer. Seusai Perang Dunia
II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa
dan langsung menarik perhatian dunia.
Pada
tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor dengan mesin dua langkah.
Namun, suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam
yang keluar dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah.
Pada
tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor dengan mesin dua langkah.
Namun, suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam
yang keluar dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah.
Tahun
1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi
produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kemudian kedudukan BSA diambil
alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga
kini, Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia.
Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub. Kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang lainnya seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis bebek ini.
Sosok
yang menarik, mesin yang handal dan mudah dirawat, serta harga yang
bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha,
dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda
motor dunia. Namun, nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan sepeda
motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian juga dengan
BMW, Triumph, dan Ducati.
Sepeda
motor pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1893. Sepeda motor
tersebut dibeli oleh John C Potter, seorang masinis pertama pabrik gula
Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Ia memesan sendiri sepeda motor itu
langsung ke pabriknya di Muenchen.