- Back to Home »
- Awal mula sejarah mobil
Senin, 29 Juli 2013
Mobil merupakan salah satu transportasi yang paling populer dimasa sekarang ini. Dengan adanya mobil kita yang berpergian dapt pergi kemanapun dengan mudah menggunakan mobil. Bagi anda yang belum tahu sejarah dan perkembangan mobil akan kita bahas di awalmulasejarah
Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos'
(sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat
atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.
Sejarah
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan
mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh
Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di
Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga
mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di AS.
Kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya
Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard
Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801.
Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam
dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan
peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya.
Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak
mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang dan
harga bahan bakar yang mahal.
Inovasi
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789,
pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya
mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang
kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di
air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin
dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara
terpisah.
Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888.
Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan
oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh
Henry Ford pada 1910-an.
Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi
otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat
mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia. Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter
elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil
Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah
diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan
diberikan kredit ke orang lain.
Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën
dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah
muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan
Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul
pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran
pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk
produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar
pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil
berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri.
Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya "Fardier" dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll
pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899
di New York City.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO).
Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh
obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju,
lubang, hewan, dan pengemudi teledor).
Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar:
Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar.
Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company.
Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan
panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang
penumpang.
Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP.
Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi. Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan
mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun,
angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan
perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa.
Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.
Ford Model T adalah salah satu mobil pertama yang harganya terjangkau konsumen (1927)